Pemahaman terhadap Filsafat

Filsafat dapat dikatakan sebagai akar dari sekumpulan ide atau ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang fenomena perilaku alam dan juga cara bekerja lingkungan dan tatanan kehidupan, untuk memahami filsafat di butuhkan pengetahuan dan perenungan yang beruntun untuk menjelaskan apa yang menjadi tujuan dan tugas dari filsafat, di belahan dunia ini terdapat bebrapa tokoh yang dapat menjelaskan tentang filsafat.

Menurut Stephen Palmquis Ada tiga pemahaman berkenaan dengan tugas filsafat. Pertama memandang tugas filsafat sebagai penggunaan pemikiran logis untuk memecahkan masalah masalah yang sukar. Kedua memandang filsafat sebagai jalan hidup. sehingga tugas filsafat berkisar pada pemahaman hakikat dan tujuan keberadaan manusia beserta segala kerumitannya. ketiga yakni pandangan yang mengakui pendapat tadi diperlukan untuk menggagas tugas filosofi yang tepat. filsuf yang baik yaitu filsuf yang mengikuti ketiga pandangan ini, dengan meyakinibahwa tujuan penjernihan konsep konsep mengarah ke jalan hidup tertentu, dan bahwa penjelasan jalahn hidup iniharus diungkapdengan gamblang jangan sampai terjebak dalam jurang kegelapan.

Filsafat yang tidak di tatap sebagai jalan hidup kelihatannya lebih menyerupai ilmu yang bersifat teknis, sedangkan filsafat yang tidak menghajatkan upaya keras menjernihkan konsep konsep tampaknya lebih menyerupai agama yang bersifat mistis. padahal filsafat sekurang kurangnya adalah filsafat yang baik.

Sumber Rujukan : Jurdi Fajlurrahman Logika Hukum, Prenadamedia Group.

Gambar: https://mamansuratmanahmad.wordpress.com/2017/06/23/aristoteles-dan-desakralisasi-filsafat/

Tinggalkan komentar